Kepulauan Seribu merupakan salah satu wilayah yang terkenal berkat keindahan alam dan potensi wisatanya. Letaknya yang tidak jauh dari Ibukota Jakarta membuat Kepulauan Seribu menjadi destinasi wisata pilihan para warga di kota-kota besar dan seluruh wilayah Indonesia. Salah satu pulau yang tergabung dalam gugusan pulau di sana yaitu Pulau Tidung. Pulau yang satu ini termasuk pulau yang cukup terkenal dan paling banyak menyita perhatian berbagai wisatawan domestic maupun asing berkat keindahan alam yang dimiliki. Selain itu, potensi wisata yang ada juga sangat beragam dan sangat layak dikunjungi untuk menghabiskan waktu liburan. Dan berikut ini beberapa tempat yang wajib anda kunjungi jika berwisata ke Pulau Tidung dan Kepulauan Seribu.
pulau tidung besar
pulau tidung besar
Pulau Tidung Besar
Jika berkunjung ke Pulau Tidung, otomatis anda akan memasuki wilayah Pulau Tidung Besar. Pulau ini memiliki aktivitas yang cukup tinggi karena dihuni oleh penduduk daerah setempat. Namun keindahan alamnya tetap bisa anda nikmati untuk mengisi waktu libur dengan keluarga. Pasir pantai yang indah dan jernihnya air laut akan terus melekat di benak anda dan menjadi sesuatu yang dirindukan dari liburan yang mengasyikan tersebut. Akomodasi dan fasilitas yang ada juga terbilang lengkap sehingga anda bisa melaksanakan liburan selama beberapa hari tanpa kebingungan akan tempat untuk menginap.
pulau tidung kecil
pulau tidung kecil
Pulau Tidung Kecil
Berbeda dengan Pulau Tidung Besar yang dihuni penduduk, Pulau Tidung Kecil hanya menjadi tempat budidaya mangrove. Tujuan penanaman hutan mangrove tersebut adalah untuk menyeimbangkan aktivitas yang ada di Pulau Tidung. Hutan mangrove ini memang terbukti sangat membantu pengikisan pesisir pantai dan berguna untuk keberlangsungan alam di Pulau Tidung. Bahkan jika anda ingin berpartisipasi, anda juga bisa ikut menanam pohon mangrove bila berkunjung ke sana.
jembatan cinta pulau tidung
jembatan cinta pulau tidung
Jembatan Cinta
Jembatan menghubungkan Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Untuk menuju Pulau Tidung Kecil, tentu anda akan melewati Jembatan Cinta yang fenomenal ini. Dari atas jembatan, anda bisa melihat keindahan laut yang terhampar nyata. Selain itu, pengunjung biasanya melompat dari atas jembatan untuk berenang dan menikmati bebasnya alam di sana. Tanpa adanya kegiatan tersebut, rasanya liburan menjadi kurang lengkap. Jembatan cinta juga menjadi spot untuk foto yang wajib diabadikan. Bahkan beberapa pasangan suami istri atau muda mudi juga sering mengambil gambar di tempat yang penuh pesona tersebut.
Makam Keramat
Makam tersebut terletak di Pulau Tidung Kecil yang bisa diakses dengan berjalan kaki atau mengendarai sepeda. Makam tersebut merupakan makam dari panglima yang sering dikunjungi wisatawan. Bahkan travel agen yang mengatur jadwal wisata Pulau Tidung juga mengagendakan hal ini dalam perjalanan sehingga patut anda laksanakan jika berkunjung ke sana.
pantai saung perawan
pantai saung perawan
Pantai Saung Perawan
Setelah lelah berlama-lamamenyusuri indahnya Pulau Tidung dengan berjalan kaki atau menggunakan fasilitas sepeda yang disewakan di sana, anda perlu beristirahat di Pantai Saung Perawan. Suasananya yang menenangkan membuat para wisatawan merasa betah untuk beristirahat di sana. Banyaknya pohon rindang yang menghalangi terik matahari membuat suasana semakin sejuk. Selain itu, ada juga warung yang menyediakan berbagai macam makanan dan minuman sederhana yang cocok disantap menemani waktu istirahat selama anda menyusuri keindahan Pulau Tidung tersebut. Pemandangan yang indah dan suasana yang mendukung untuk beristirahat membuat para wisatawan betah menghabiskan waktu di tempat ini.
Pulau Payung
Pulau Payung
Pulau Payung
Letaknya tak jauh dari Pulau Tidung membuat anda wajib mengunjungi pulau cantik yang satu ini. Bahkan beberapa agen perjalanan juga menawarkan wisata yang sangat seru dan berbeda yaitu berkemah di pinggir pantai. Bayangkan saj, anda akan menikmati langit dan lautan yang luas nan memanjakan mata dengan bermalam dan membuat kemah di sana. Pasti menjadi suatu hal yang seru dan wajib dilakukan. Atau sekedar snorkeling di sekitaran pulau juga selalu menjadi hal yang asik untuk dicoba.
pantai cemara kasih
pantai cemara kasih
Pantai Cemara Kasih
Tidak jauh berbeda dari Pantai Saung Perawan, di Pantai Cemara Kasih juga terdapat warung-warung jajanan yang bisa dijadikan tempat beristirahat. Ada juga beberapa ayunan tradisional yang diikat pada dahan-dahan pohon yang rindang.

Penangkaran Penyu Sisik

Berada di Pulau Pramuka yang letaknya berdakatan dengan Pulau Tidung, Penangkaran Penyu Sisik menjadi destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Apalagi jika anda mengajak serta anak-anak. Mereka akan lebih mengenal dan mengerti akan pentingnya budidaya hewan sehingga memiliki kesadaran untuk ikut serta melestarikannya. Di Penangkaran Penyu Sisik ini, anda bisa menyaksikan langsung perkembangan penyu hingga siap dilepaskan ke pinggir pantai bila sudah waktunya.
Pulau Semak Daun
Tidak jauh dari Pulau Tidung, anda juga bisa memilih berwisata menyusuri Pulau Semak Daun. Sesuai dengan namanya, pulau ini dipenuh dengan semak dan pepohonan hijau sehingga membuat anda merasakan ketenangan serta kesejukan yang luar biasa bila berada di sana. Selain itu, anda juga bisa camping dan menikmati malam di sisi pantai bersama keluarga dan kerabat.
Taman Nasional Bawah Laut
Snorkeling dan diving memang menjadi aktivitas yang harus anda coba bila berkunjung ke Kepulauan Seribu. Dari Pulau Tidung, anda bisa menikmati keindahan bawah laut yang ada di sekitar pulau-pulau terdekat yang ada di sana. Potensi bawah laut yang dimiliki Kepulauan Seribu memang terbukti mampu memanjakan mata siapapun yang berkunjung dan menghabiskan waktu di sana untuk berlibur. Kekayaan biota laut yang ada dan air laut yang jernih membuat aktivitas diving atau snorkeling anda di sana terasa memuaskan.
Penangkaran Hiu

Seperti Penangkaran Penyu Sisik, Penangkaran Hiu juga terletak di Pulau Pramuka. Dengan transportasi yang ada, anda hanya membutuhkan waktu beberapa menit dari Pulau Tidung untuk sampai ke sana. Penangkaran Hiu yang ada di Pulau Pramuka memang sangat mendukung gerakan pelestarian hiu dari ancaman kepunahan akibat pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dan memanfaatkannya menjadi materi demi keuntungan sendiri. Padahal, hiu sudah menjadi hewan langka yang wajib dilindungi dan dilestarikan keberadaannya. Dengan anda mengajak serta keluarga untuk berkunjung ke tempat ini, maka pengetahuan akan pentingnya menjaga populasi hiu semakin luas dan kesedaran untuk turut serta melestarikannyapun semakin besar.
Itulah beberapa tempat-tempat wisata yang harus anda kunjungi ketika berlibur di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu. Dengan mengunjungi beberapa tempat yang mempesona dan menyaksikan keindahan pantai, laut serta kekeyaan alam lainnya pasti membuat anda merasa senang dan penatpun hilang. Untuk mengunjungi beberapa tempat di sana tak cukup hanya dengan satu hari perjalanan bolak-balik, sangat disarankan setidaknya tiga hari dua malam untuk menghabiskan waktu yang ada untuk menyusuri beberapa lokasi yang menarik bersama rombongan. Dan jangan lupa, anda juga perlu mempersiapkan kamera untuk mengabadikan gambar-gambar keindahan alam di sana sebagai kenang-kenangan perjalanan liburan.