Jumat, 19 Mei 2017


Keindahan Wisata Pulau Komodo

Keindahan Wisata Pulau Komodo – Kepulauan Nusa Tenggara menyimpan sejuta alamnya yang menyalak pandang. Secara geografis, kepulauan Nusa Tenggara berada di sebelah timur Pulau Sumbawa. Di antara kedua pulau ini, terpisahkan oleh Selat Sape.
Di antara sekian pulau yang ada di Kepulauan Nusa Tenggara, ada sebuah pulau yang menarik untuk kita jujuki. Namanya Pulau Komodo. Pulau ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo. Apa menariknya? Berikut informasinya.
Wisata Pulau Komodo
Pesona Wisata Pulau Komodo
Sesuai dengan namanya, Pulau Komodo merupakan pulau yang juga menjadi habitat hewan langkah di negeri ini. Keberadaannya makin tahun makin menyusut. Tentu mengasyikkan bila kita bisa melihat langsung kehidupan hewan yang dilindungi negara ini. Bukan hanya di Pulau Komodo, habitat komodo juga ada di pulau yang berdekatan dengannya. Seperti di Pulau Rinca. Di pulau tersebut, wisatawan bisa leluasa melihat dan mengamati pola keseharian komodo. Terdapat tempat yang tepat untuk melihat kawanan komodo. Wisatawan bisa mendaki sebuah bukit, yaitu Bukit Ara (538 mdpl). Di atas gunung itu, kawanan komodo banyak hidup secara liar. Selain komodo, satwa lain yang bisa kita lihat, yaitu rusa liar, banteng dan kuda liar.Apakah hanya itu? Tentu tidak.
Keindahan Pantainya
Pesona Wisata Pulau Komodo | Wisata Komodo
Kedua, ternyata Wisatawan juga bisa menikmati pesona alam yang cantik dan menakjubkan, indahnya pasir putih berhias batu karang serta deburan ombak di pantai. Air laut begitu jernih dan biru serta sinar matahari yang menghangatkan pantai.
Biota Bawah Laut
Pesona Keindahan Pulau Komodo | Wisata Komodo
Ketiga, Taman Nasional Komodo ternyata menyimpan keindahan lain, yaitu keindahan bawah laut yang menawan. Anda bisa menyelam dan menikmati kecantikan ratusan spesies trumbu karang, rumput laut, puluhan macam bunga karang, penyu hijau, ribuan spesies ikan termasuk ikan hiu, ikan pari, ikan paus, hingga ikan lumba–lumba.
Zona transisi Garis Wallacea
Pesona Keindahan Pulau Komodo | Wisata Komodo
Keempat, letaknya yang berada di kawasan Zona transisi garis Wallacea, membuat daerah ini sangat indah. Kawasan ini terbentuk dari pertemuan dua benua, yaitu Asia dan Australia, yang kemudian membentuk deretan unik berupa pulau dengan gunung api.
Oleh karenanya, pulau ini dipenuhi oleh burung-burung dan satwa dari dua benua tersebut. Banyak sekali jenis flora dan fauna yang hidup di Taman Nasional Komodo ini. Di sini terdapat 254 jenis flora yang berasal dari Asia dan Australia, 128 jenis burung, dan 58 jenis fauna lainnya.
Padang Rumput dan Hutan Sabana
Pesona Keindahan Pulau Komodo | Wisata Komodo
Kelima, Wisatawan ingin merasakan sensasi berada di tengah padang rumput dan hutan sabana? Di sini tempatnya, luas padang rumput sabana ini mencapai 70% dari luas seluruh taman nasional. Berbagai jenis rumput tumbuh dengan subur di sana.
Aktivitas
Pesona Keindahan Wisata Pulau Komodo | Wisata Nusa Tenggara
Selain wisatawan bisa melihat langsung Komodo  sebaiknya jangan terlalu dekat  di sini wisatawan juga bisa menyewa kapal nelayan menuju pantai Merah. Wisatawan akan dapat menikmati keindahan pasir yang berwarna pink, yang hanya ada 7 tempat di dunia.
Saat Wisatawan berperahu, sewaktu-waktu lumba-lumba bisa saja tiba-tiba muncul menggoda. Wisatawan bisa bermain dengan mereka. Selain itu beragam ikan yang cantik, bersembunyi di balik indahnya terumbu karang, penyu hijau serta ikan paus yang berenang bebas juga siap menyambut Wisatawan.
Nah, sebelum pulang ingin mencari suvenir dan oleh-oleh? Wisatawan bisa datang ke Loh Buaya dan Loh Liang, pusat penjualan cenderamata khas Taman Nasional Komodo.  bisa membeli kaos yang bergambar komodo, patung kayu komodo, hingga aksesori bernuansa pulau Komodo. Selain itu jangan lupa kain tenun ikat halus dari Flores dengan motif dan corak indah serta jajanan khas Flores, Kue Rambut.
Kehidupan masyarakat pedalaman di Pulau Komodo, patut kita kunjungi pula. Mereka merupakan masyarakat yang secara langsung, pasti juga telah menjaga kelestarian alam di sana. Di Pulau Komodo, terdapat pula hutan bakau maupun padang rumput hijau nan subur. Rupa-rupa alam seperti ini, membuat kita merasa berat untuk segera pergi meninggalkannya.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

                                                      5 VIDEO TERJUN INDOINESIA

- Copyright © PESONAALAMNUSANTARA - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -